1 komentar

Intelegensi Kinestetik

Kinesthesia is our movement sense..


 

Kinestetik adalah rasa gerakan kita.. Artinya ini hanya mengacu pada kesadaran perubahan momentum, keseimbangan, tekanan dan posisi tubuh pada umumnya. Ini memberitahu kita semua tentang bagaimana kita bergerak tubuh kita. Kinesthetic intelligence termasuk kontrol dari gerakan tubuh, kemampuan untuk menangani objek terampil dan hadiah untuk menggunakan gerakan seluruh tubuh.

Anda akan melihat atau Anda bisa menjadi salah satu dari orang-orang, yang selalu bergerak, yang belajar sambil berjalan, yang tubuhnya selamanya aktif terlepas dari apa yang mereka lakukan, bahkan saat menonton TV. Untuk jenis kinestetik, bergerak adalah fundamental dan mereka sering gelisah jika tidak ada lagi. Ini membantu mereka berkonsentrasi lebih baik.Ini "tubuh pintar" kelompok sebagaimana mereka disebut sayang termasuk orang yang terlalu aktif yang menikmati diri fisik dan untuk siapa belajar adalah pengalaman fisik.

Kecerdasan ini merupakan keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk menyampaikan ide dan perasaan, dan keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah suatu bentuk. Kecerdasan ini meliputi kemampuan fisik yang khusus, seperti koordinasi, keseimbngan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan maupun kemampuan menerima rangsangan panca indera.

Kemampuan yang terkait dengan kecerdasan kinestetik jasmani adalah:
  • Kemampuan menggerakkan anggota tubuh.
  • Kemampuan mengatur keseimbangan tubuh.
  • Kemampuan mengatur kelenturan tubuh.
  • Kemampuan menjaga kesehatan tunuh.
Beberapa bentuk permainan yang digunakan guna mengembangkan kemampuan kecerdasan kinestetik adalah:

1.   Permainanan Olah Raga

Jalan, lari, berenang, main bola, senam, merupakan contoh permainan yang dapat mengembangkan kemampuan fisik atau olah tubuh anak. Orang tua dan pendidik dapat mengajak anak melakukan permainan olah raga secara rutin hari minggu atau hari-hari tertentu. Olah raga tidak hanya akan melatih kecerdasan kinestetik anak, melainkan juga bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh anak.



2.   Gerak dan Lagu atau Menari

Permainan gerak dan lagu atau menari, bermanfaat bagi anak untuk mengembangkan kelenturan tubuh anak. Untuk anak usia dini bermain ini dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan yang sederhana dengan tidak meninggalkan unsur gerak dan seninya.

3.   Permainan Motorik Halus (dengan otot-otot kecil)

Berbagai kegiatan permainan dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak antara lain: mencoret-coret, menirukan pola gambar tertentu (balon, buku, bola, piring, gelas, dll), meronce, melipat, bermain plastisin, bermain pasar-pasaran, meletakkan benda-benda misalnya mainan pada tempatnya. Permainan bongkar pasang, balok kayu da bermain pasir juga bisa digunakan untk mengembangkan kemampuan motorik halus anak.




4.   Permainan Motorik Kasar (dengan otot-otot besar)

Disamping permainan olah raga ada beberapa permainan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, antara lain: bermain ayunan, jungkat-jungkit, plosotan, panjat-panjatan, gobag sodor, bermain sepeda, dll.

Kinestetik Kecerdasan dan Otak Kita

Bidang kecerdasan kinestetik terletak di otak kecil dan menyangkut thalamus, ganglion utama dan bagian lain dari otak. Korteks motor otak mengontrol gerak tubuh dan orang-orang dengan kecerdasan ini menampilkan ketangkasan dan keterampilan untuk gerakan motorik halus.

Mengidentifikasi Kinestetik Kecerdasan


Hal ini sangat mudah untuk mengidentifikasi orang-orang dengan kecerdasan kinestetik. Mereka menikmati dan biasanya terlihat sukses dalam olahraga aktif, membangun, menari, tangan-tugas, bekerja sama dengan probe ilmiah dan mikroskop, robotika, digital dan kamera video dll Kegiatan ini melibatkan kemahiran dan koordinasi fisik dan menggunakan halus dan keterampilan motorik kasar, orang-orang dengan kecerdasan kinestetik terlibat dalam belajar dan mengekspresikan diri mereka melalui berbagai kegiatan fisik.

Kinestetik Perilaku


Orang dengan kecerdasan kinestetik berperilaku berbeda kepada mereka yang benar-benar mengikuti norma-norma yang ditetapkan oleh masyarakat. Orang-orang suka mencari tahu bagaimana segala sesuatu bekerja dan tidak perlu orang lain untuk memberitahu mereka. Mereka hal yang terjadi dengan naluri mereka dan mendapatkan "usus perasaan" untuk hal-hal di sekitar mereka. Mereka memiliki banyak energi fisik dan gerakan fisik cinta. Mereka tidak bisa tinggal diam untuk waktu yang lama dan sering digambarkan sebagai "di mana saja." Anak-anak menggeliat di meja sarapan atau bahkan di meja mereka di sekolah. Mereka menikmati tari, olahraga dan setiap pengalaman menggembirakan. Mereka sangat baik dalam menciptakan hal-hal dan mereka selalu aktif dan cinta di luar ruangan. Keterampilan motorik mereka sangat baik dan mereka sangat menyadari tubuh mereka. Mereka belajar dengan baik melalui gerakan dan "melakukan" dan lebih menyentuh daripada mencari.

Kami menjaga hal-hal seperti mendengar, "Pikiranku bekerja lebih baik ketika saya melakukan sesuatu yang fisik, seperti berlari atau berjalan." "Saya suka menghabiskan waktu di luar rumah gratis saya." "Saya menikmati bekerja dengan tangan saya." Semua ini merupakan kinesthetic intelligence .


Kreativitas


Ini semacam kecerdasan kinestetik tinggi yang menciptakan para ilmuwan, penulis, seniman, musisi, penari, penyanyi dan orang-orang kreatif lainnya yang memungkinkan pikiran dan tangan mereka untuk bergerak tanpa format yang telah direncanakan. Sementara beberapa diberkati dengan kemampuan atletik, yang lain berbakat dalam keterampilan motorik, seperti menggambar dan kerajinan.

Banyak penulis kreatif menggunakan gaya penulisan gratis untuk mendapatkan ide dan komposer musik akhirnya bermain potongan dadakan. Ini adalah contoh dari memungkinkan tubuh untuk mengambil alih dan memainkan peran utama dalam datang dengan ide-ide baru. Tindakan ini tidak direncanakan sebelumnya dan itu hanya gerakan tubuh sebelum proses berpikir.Seseorang dengan kecerdasan kinestetik dikatakan menulis indah dan dapat membuat tulisan terasa nyata, lucu, turun ke bumi dan fisik. Jika kecerdasan ini kuat dalam sepotong tulisan, maka kemungkinan untuk mempengaruhi pembaca pada tingkat usus. Tulisan ini mungkin juga memiliki rasa alami gerakan, jenis tulisan yang orang mungkin mengatakan, "bernafas."


Reaksi Masyarakat 


Masyarakat hampir kaget dengan apa yang dianggapnya sebagai hiperaktif, dipanggil "intelijen." Kinestetik-intelijen adalah salah satu kecerdasan dasar manusia yang belum dihargai dalam budaya kita dan selalu ditindas oleh peradaban. Ini adalah pengkondisian sosial yang negatif yang menyebabkan orang untuk menekan kecerdasan kinestetik tubuh.

Albert Einstein pernah menyatakan bahwa ia merasa otot-ototnya, ketika ia sedang memikirkan sesuatu yang kemudian terbukti menjadi sangat signifikan. Ini akal kinestetik tinggi memberitahu kita bahwa membantu mengembangkan kepekaan ini kinestetik sejak usia dini, bukan menekannya, akan membantu orang berubah menjadi individu yang lebih kreatif.


Keputusasaan


Anak-anak tumbuh sebagai dikondisikan oleh masyarakat. Tanpa menyadari apa itu, kebanyakan orang, termasuk orang tua dan guru, membatasi anak-anak melakukan banyak hal hanya karena itu bukan cara mereka seharusnya dilakukan. Di sekolah unggul siswa selalu salah satu yang besar di menyalin urutan gerakan dalam menulis, menari, olahraga, dalam pidato dan perilaku bahkan sosial. Hal-hal ini mengajarkan siswa untuk memperhatikan sesuatu yang sedang diajarkan dan kemudian melakukan mereka sesuai. Padahal, orang kinesthetically kreatif memungkinkan memimpin tubuh dan bergerak secara independen tanpa mengikuti rencana terbentuk sebelumnya. Kombinasi gratis dapat menghasilkan keunggulan dalam berbagai bidang. Siapa tahu mungkin ada individu yang sangat kreatif tersembunyi pada anak Anda juga. Tapi itu butuh dewasa cerdas untuk mengenali dan memahami kegiatan kinestetik.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa ini adalah seperti menempatkan kereta di depan kuda. Sebuah contoh dari Volkswagen diberikan ketika membandingkan orang kinestetik. Di Volkswagen, motor di belakang kendaraan dan ini adalah inovasi Jerman. Demikian pula, dalam penciptaan individu cerdas dan kreatif, anak-anak harus diperbolehkan untuk berinovasi tanpa harus mengikuti kursus direncanakan.


Cara Mendorong Kinestetik Intelijen?


Daripada ejekan anak-anak dengan kecerdasan kinestetik dan yang sangat gelisah, lebih baik untuk memberi mereka alat dan peralatan untuk memanipulasi di kelas. Daripada menghentikan mereka dari bergerak, lebih baik untuk membiarkan tubuh mereka berkembang melalui ekspresi, memungkinkan mereka untuk tumbuh menjadi individu yang kreatif.

Mereka membutuhkan kesempatan untuk belajar dengan bertindak hal-hal atau bergerak, karena mereka adalah "hands-on" peserta didik. Mengharapkan mereka untuk duduk tenang untuk waktu yang lama dan mendengarkan sesuatu tanpa mengalami secara fisik tidak realistis.


Orang dengan kecerdasan kinestetik dapat menjadi sangat baik dengan keterampilan motorik atau motorik kasar, atau bahkan keduanya. Orang-orang seperti ahli bedah, atlet, penari sangat dihargai, baik untuk keterampilan mereka, bakat mereka atau hal-hal yang mereka hasilkan. Kinesthetic intelligence perlu dipahami lebih baik untuk dapat memberikan kesempatan yang lebih baik untuk orang-orang seperti, dalam rangka untuk membawa keluar talenta tersembunyi mereka.